Jenis-Jenis Kejahatan Internet dan Komputer yang Sering Terjadi

Kejahatan internet merupakan kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk memperoleh akses ilegal atau tidak sah ke sistem komputer atau perangkat lain yang terhubung dengan internet dengan maksud merusak, menghapus, atau mengubah data pada perangkat tersebut. Kejahatan internet juga mencakup kegiatan seperti penipuan elektronik, penyalahgunaan perangkat, pencurian identitas, dan data serta gangguan sistem. Kejahatan internet tidak selalu menyebabkan kerusakan fisik. Namun lebih berupa manipulasi data rahasia dan informasi penting dari korbannya. Kejahatan internet juga melibatkan kegiatan pencurian software selain kegiatan kriminal yang melibatkan pelanggaran privasi dan informasi. Berbagai jenis kejahatan internet yang telah sering terjadi mengharuskan kita sebagai pengguna untuk mengenal dan menggunakan langkah-langkah keamanan yang terbaru dan lebih efektif.

Berikut ini beberapa jenis kejahatan internet dan komputer yang telah sering terjadi dan sebaiknya Anda waspadai.

Hacking adalah kegiatan membobol sistem komputer untuk mendapatkan akses tidak sah atau ilegal. Pelakunya yang mampu mengalahkan keamanan sistem komputer untuk mendapatkan akses ilegal ke informasi yang tersimpan pada sistem komputer tersebut disebut hacker. Penggunaan internet dengan maksud untuk memperoleh akses yang tidak sah ke komunikasi pribadi dari suatu organisasi atau pengguna merupakan salah satu kejahatan komputer yang telah dikenal secara luas. Kejahatan internet lain yang sangat berbahaya adalah hacking alamat IP untuk bertransaksi dengan identitas palsu, sehingga tetap anonim saat melaksanakan kegiatan kriminal.

Phishing adalah tindakan mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai sumber yang dapat dipercaya. Phishing dilakukan melalui email atau dengan memikat pengguna untuk memasukkan informasi pribadi melalui situs palsu. Penjahat sering menggunakan website yang memiliki tampilan dan nuansa persis dengan beberapa situs populer, yang membuat pengguna tertipu sehingga merasa aman untuk memasukkan rincian informasi pribadi mereka di situs palsu tersebut.

Virus Komputer adalah program komputer yang dapat mereplikasi diri dan membahayakan sistem komputer pada jaringan tanpa sepengetahuan pengguna sistem. Virus menyebar ke komputer lain melalui file, jaringan, internet, atau melalui perangkat removable seperti USB drive dan CD. Virus komputer merupakan bentuk kode pemrograman berbahaya yang ditulis dengan tujuan untuk merusak sistem komputer dan menghancurkan informasi. Menulis virus komputer merupakan kegiatan kriminal karena infeksi virus dapat menyebabkan sistem komputer crash sehingga menghancurkan sejumlah besar data penting.

Cyberstalking adalah penggunaan teknologi komunikasi, terutama internet untuk menyakiti atau menyiksa orang lain. Tuduhan palsu atau fitnah dan mengirim pesan ancaman merupakan  tindakan kriminal yang sering terjadi sebagai bagian dari cyberstalking. Cyberstalkers sering menargetkan pengguna melalui chat room, forum online, dan situs jejaring sosial untuk mengumpulkan informasi pengguna dan melecehkan korban tersebut dengan menggunakan informasi yang telah dikumpulkannya. Email cabul, panggilan telepon yang kasar, dan tindakan kriminal lainnya telah membuat cyberstalking menjadi salah satu bagian dari jenis kejahatan internet yang serius.

Pencurian Identitas merupakan salah satu penipuan paling serius karena biasanya melibatkan pencurian uang dan diperolehnya manfaat lain melalui penggunaan identitas palsu. Pencurian identitas adalah tindakan berpura-pura menjadi orang lain dengan menggunakan identitas orang itu sebagai miliknya sendiri. Pencurian identitas keuangan melibatkan penggunaan identitas palsu untuk mendapatkan barang dan jasa dan pencurian identitas komersial menggunakan nama bisnis atau rincian kartu kredit orang lain untuk tujuan komersial. Migrasi ilegal, terorisme, dan pemerasan sering dimungkinkan dengan cara pencurian identitas.

Kejahatan internet melibatkan eksploitasi ilegal pada komputer dan perangkat teknologi komunikasi lainnya untuk kegiatan kriminal. Kemajuan teknologi yang digunakan untuk hal-hal positif merupakan anugerah bagi peradaban umat manusia. Di lain sisi kecerdasan manusia yang ke arah destruktif membuat kemajuan teknologi menjadi permasalahan tersendiri.