Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman serta Mudah Diingat

Internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan kita, baik untuk bersosialisasi, mendapatkan informasi, bisnis, dsb. Bagi banyak dari kita, Internet adalah lambang kemudahan dan kenyamanan. Namun, tidak ada teknologi terbaru yang tanpa celah keamanan. Internet adalah tempat di mana privasi pribadi rentan oleh kejahatan cyber yang merajalela. Salah satu cara penting untuk mengamankan privasi dan aset Anda adalah belajar seni menciptakan beberapa password pribadi yang unik. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya.

⍟ Ubah Password Secara Teratur
Anda mungkin sudah tahu tentang kejahatan cyber yang terjadi setiap hari, namun sebagian besar dari Anda terus menggunakan password yang sama dalam kurun waktu yang lama. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, segera ubah password lama Anda dan jadikan itu prioritas. Anda bisa saja beranggapan seperti 'mengubah password secara teratur itu membosankan!' atau 'password saya aman-aman saja', padahal membuat password baru secara teratur bukanlah pekerjaan yang sulit atau membingungkan. Software hacking yang digunakan oleh penjahat cyber bahkan dapat membobol akun dengan beberapa password yang paling tak terduga. Jadi selalu update akun online Anda dengan mengubah password Anda setiap tiga bulan untuk akun e-mail atau situs jejaring sosial, dan sebulan sekali untuk akun internet banking Anda. Jika Anda seorang pelupa, atur pengingat online untuk merubah password.

⍟ Panjang Password
Para ahli menyarankan panjang ideal password sebanyak delapan karakter atau lebih. Sebagian dari kita merasa bahwa password yang lebih kecil lebih mudah untuk diingat. Namun, password yang lebih pendek lebih mudah untuk dihack karena kombinasi karakter yang lebih sedikit dan permutasi yang lebih rendah.

⍟ Kombinasi pada Password
Password terkuat dan paling aman adalah yang memiliki kombinasi unik dari huruf, angka, karakter khusus dan simbol. Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan untuk membuat password yang seluruhnya huruf atau angka. Password tersebut lebih mudah untuk dilacak dan karena itu, jelas bahaya untuk privasi dan keamanan online Anda.

⍟ Variasi
Beberapa dari kita memiliki kecenderungan untuk memilih satu password yang mudah diingat dan menggunakannya untuk semua akun pribadi yang kita miliki, seperti internet banking, email, situs belanja,dsb. Jika seorang hacker yang cerdas dan cukup beruntung mendapatkan password Anda pada salah satu akun situs, ia dapat menggunakan kesempatan itu untuk mencoba nama login dan password tersebut di situs lainnya. Oleh sebab itu, yang terbaik adalah untuk membuat password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.


Hal-hal yang Perlu Dihindari Untuk Membuat Password yang Aman

✘ Hindari membuat password dari nama pertama dan terakhir Anda. Demikian pula, hindari membuat password dengan menulis nama pertama dan terakhir Anda secara terbalik. Jangan menggunakan nama hewan peliharaan Anda untuk password.

✘ Jauhkan dari nama-nama anggota keluarga Anda, tempat atau tanggal lahir. Password tersebut jelas dapat ditebak oleh hacker.

✘ Disarankan bahwa Anda harus menghindari membuat password yang terdengar atau terlihat sangat mirip dengan nama ID akun Anda.

✘ Menggunakan nomor paspor, nomor KTP atau nomor SIM untuk membuat password tidak dianjurkan.

✘ Banyak orang membuat kesalahan membuat password dengan angka atau huruf dalam urutan tertentu. misalnya, 123456 atau abc123. Hal ini harus benar-benar dihindari.

✘ Tampaknya mudah untuk membuat password dengan huruf yang terletak dalam urutan pada keyboard komputer atau laptop. misalnya, asdfgh, xcvbnm. Namun, password tersebut mudah dicrack dan harus Anda dihindari.

✘ Jauhi membuat password dengan kata-kata yang sebenarnya dari bahasa tertentu.

✘ Ketika membuat password dengan huruf, hindari membuat password dari satu jenis huruf. misalnya, ABC atau abc. Sebaliknya, pastikan untuk membuat penggunaan acak dari huruf kapital dan huruf kecil.


Ide-ide dalam Membuat Password

Beberapa dari Anda mungkin sulit menemukan diri ide setiap kali Anda duduk dan mencoba membuat password. Namun, saya punya beberapa ide untuk membantu Anda membuat beberapa password yang mudah diingat, terkuat dan aman.

Ide # 1
Apakah Anda seorang penggemar kuliner? Apakah Anda suka bersenandung lagu favorit Anda saat Anda bekerja? Nah, Anda dapat membuat beberapa password terkuat menggunakan nama makanan atau lagu favorit Anda. Misalnya, jika lagu favorit Anda berjudul Paradise, maka Anda hanya perlu membuat sedikit perbedaan pada kata Paradise dengan menggunakan beberapa simbol dan tanda baca untuk membuat password yang mungkin terlihat seperti p@raD!sE. Anda dapat membuat variasi lebih lanjut dengan menggunakan angka dalam password yang mungkin terlihat seperti p@ra70D!sE. Jadi sekarang, Anda bisa tahu password Anda setiap kali Anda makan atau bersenandung lagu Anda.

Ide # 2
Anda dapat membuat beberapa password yang kuat dan aman dengan merangkai kata-kata dari frase, idiom atau peribahasa tertentu. misalnya, 'Diam Itu Emas' bisa diubah menjadi password dengan dibuat unik seperti D!@m!tuEm@5.


Setelah membuat password Anda, paling penting untuk mengingatnya. Pastikan juga untuk membuat pertanyaan rahasia untuk login Anda, yang akan mempermudah proses mengingat. Hindari pula menulis password Anda di buku atau tempat lain yang bisa diakses oleh orang lain. Semoga bermanfaat.