Mengapa VPS Lebih Baik dari Shared Hosting?

Jika Anda berencana untuk memulai suatu perusahaan online, atau jika Anda telah sudah memilikinya, Anda akan mengetahui bahwa ada banyak perbedaan web hosting plans di luar sana dan masing-masing memiliki kerugian dan keuntungannya sendiri. Yang paling terkenal murah adalah shared hosting dengan ratusan situs web berbagi ruang dalam sebuah hard drive berkapasitas besar. Namun hosting jenis ini tidaklah selalu cocok untuk semua situs, terutama untuk situs dengan lalu lintas/trafik tinggi. Situs web yang besar menggunakan dedicated server. Satu perusahaan, satu server.

Di antara dua pilihan ini ada virtual private server (VPS). VPS lebih murah dibanding dedicated server atau private server, dan menawarkan lebih banyak kebebasan dan pilihan untuk pertumbuhan bisnis online dibanding shared hosting. Dengan sebuah Virtual Private Server, setiap akun web hosting menerima sistem operasinya sendiri. Seorang pengguna dapat mengatur komponen ini tanpa mempengaruhi para pengguna lain pada mesin yang sama sebab mereka sedang bekerja di dalam server virtual mereka sendiri. Lebih dari itu suatu VPS hosting dapat dengan mudah diupgrade ke hosting yang lebih powerful bila dibutuhkan. Pada akhirnya, hosting pada sebuah VPS dapat secara signifikan mengurangi total biaya dari kepemilikan situs web.

VPS tidak selalu cocok untuk setiap pemilik situs web. Sebagian orang berencana untuk menghost situs web dengan lalu lintas rendah ke menengah dan cukup puas dengan apa yang ditawarkan oleh suatu control panel web hosting seperti cPanel atau Plesk. Sebagian orang ini lebih menyukai Shared Hosting untuk kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya. Mereka biasanya tidak mempunyai pengalaman menggunakan sistem administrasi linux dan tidak merasa tertarik untuk mempelajarinya. Bagi yang telah memiliki akun shared hosting dengan lalu lintas situs web yang semakin meningkat sehingga mengurangi performa situsnya, berarti sudah waktunya untuk pindah ke sebuah akun VPS. Perusahaan web hosting yang baik akan membantu Anda berpindah dari akun shared hosting Anda ke sebuah akun VPS tanpa kesulitan.

Berikut adalah keunggulan-keunggulan utamanya:

Performa

Akun shared server tergantung pada perilaku akun orang lain yang menggunakan server yang sama. Jika satu akun melanggar ketentuan layanannya seperti mengirim suatu spam email secara massal, ini dapat berdampak negatif pada semua akun yang berada pada server itu. VPS memiliki sumber daya yang lebih terjamin. Layanan yang Anda terima akan lebih dapat diandalkan dan diukur. Jika Anda mempunyai seorang tetangga pengguna akun VPS dengan perilaku buruk, itu cenderung akan berdampak hanya pada akun mereka sendiri, karena masing-masing akun tampak seperti suatu server yang terpisah di Internet. Mereka tidak akan dapat merebut memory Anda saat Anda memerlukannya, membuat server Anda diblacklist, dsb.

Kemampuan untuk Penyesuaian yang Tinggi

Virtual Private Servers memiliki banyak fitur. Beberapa aplikasi memerlukan protokol dan/atau port tertentu untuk dibuka atau ditutup terhadap sebuah firewall. Berbeda dengan shared hosting, konfigurasi firewall yang dicustomized tidak disarankan untuk pertimbangan keamanan. Di VPS, konfigurasi firewall yang dicustomized bisa saja dilakukan karena adanya pemisahan antara pelanggan.

Dengan sebuah VPS:
  • Anda dapat menutup port dengan menggunakan fitur IPTables.
  • Anda mempunyai alamat IP milik Anda sendiri.
  • Anda mempunyai Root Acces.
  • Kebebasan untuk mereboot VPS Anda kapan saja.
  • Anda dapat mengcustomize layanan seperti web, email, database, control panel, domain dan masih banyak lagi

Satu-satunya pembatasan adalah Anda tidak dapat menginstal kernel Anda sendiri. Ini terkait dengan sifat kerja dari sebuah VPS.

Keamanan

Keamanan dari Shared hosting sulit untuk dijamin dengan sepenuhnya. Jika suatu akun pada sebuah shared server bersama dibobol, si pelaku dapat menyebabkan kerusakan pada keseluruhan server. Jika seorang spammer menyebabkan suatu server diblacklist oleh organisasi-organisasi antispam, ini dapat berdampak pada akun-akun lain yang menggunakan email secara legal sampai server tsb diwhitelist lagi.

Akun VPS dibatasi satu sama lain, memperkecil resiko dari akses tak sah dari hackers sama halnya dengan pelanggan lain. Ini juga memperkecil resiko dari serangan DoS yang ditujukan untuk orang lain.

Hosting Situs Web Tanpa Batas

Keuntungan lain dari VPS adalah kemampuan untuk mengatur banyak situs web. Anda tidak akan masuk dalam permasalahan seputar perangkat keras bahkan jika Anda menjalankan sejumlah situs web yang berbeda sekalipun. Akses Anda ke aset server dijamin melalui penggunaan perangkat lunak server-side seperti Apache Virtual Hosts dan paket-paket VPS lain yang serupa. Biaya VPS hosting sedikit lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Penggunaan VPS membutuhkan tanggung jawab lebih. Ini berarti Anda bertanggung jawab untuk banyak instalasi perangkat lunak, pemeliharaan situs, keamanan situs dan banyak tanggung jawab lain yang muncul sesuai dengan kepemilikan bisnis online Anda. Jika Anda tidak tahu banyak tentang administrasi di sisi server, VPS mungkin adalah pilihan yang sedikit lebih Anda inginkan. Ini adalah sesuatu yang untuk diberikan kepada seorang tenaga ahli jika Anda tidak terbiasa dengan pemeliharaan sebuah VPS, tetapi Anda masih membutuhkan kuasa dan kendali dari VPS.
Solusinya: Dapatkan suatu VPS yang telah diatur, penyedia layanan hosting akan mengurus semua hal itu untuk Anda dan Anda dapat memberikan perhatian penuh pada konten situs web Anda.