Hosting Windows vs Linux

Windows atau Linux? Ini adalah yang dilema besar yang dihadapi dunia selama bertahun-tahun. Adalah suatu pilihan yang sulit untuk memilih antara dua sistem operasi raksasa ini karena masing-masing mempunyai keuntungan dan manfaatnya sendiri. Linux disebut sebagai raja open source. Open source berarti sistem operasi tsb bebas biaya. Linux mempunyai kelebihan dalam hal keamanan dibandingkan dengan server Windows yang cenderung lebih rentan akan serangan virus. Alasan memilih Windows adalah karena sederhana dan tampilannya lebih bersahabat dengan pengguna. Kebanyakan para pengguna sudah memiliki Windows terinstall di dalam PC mereka sehingga memiliki pilihan untuk hosting Windows. Tetapi banyak hal berubah dalam waktu singkat. Tampilan Linux menjadi semakin bersahabat dengan pengguna dan banyak perusahaan di berbagai belahan dunia yang menawarkan control panel grafis untuk sistem Linux sama seperti Windows.

Sebuah faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah metode dalam mengakses akun Anda. Biasanya sebuah akun diakses melalui suatu sesi FTP dimana sebuah control panel disediakan. Ini berlaku sama untuk server Windows maupun Linux. Biasanya control panel berupa suatu GUI. GUI adalah singkatan dari graphics user interface. Jika pengguna diberikan suatu control panel maka perbedaan antara dua server ini tidaklah banyak. Untuk Linux dan Windows, akses FTP diperoleh melalui command line. Windows dan Linux keduanya mendukung hampir semua teknologi pengembangan web open source seperti PHP, Mysql dan lain-lain. Jika Anda menggunakan kode sumber dalam ASP.NET maka lebih baik untuk memilih Windows karena Linux tidak mendukung ASP, FrontPage, .NET environment, Windows Streaming media atau MSSQL. Saat kita mempertimbangkan faktor biaya, Linux merupakan suatu pilihan lebih baik karena bebas biaya untuk mengunduh dan menginstalnya. Bila Anda menghubungi suatu perusahaan hosting web, perbedaan harga karena perbedaan sistem operasi tidak begitu ada pengaruhnya. Faktor biaya jadi lebih berat hanya bila Anda membangun server web milik Anda sendiri.

Mayoritas perusahaan hosting menggunakan Linux karena lebih aman dan stabil. Salah satu keunggulan utama Linux dari Windows adalah karena mempunyai waktu uptime yang lebih lama. Uptime mengacu pada waktu suatu sistem dapat terus dijalankan tanpa reboot sistem. Pada Windows banyak tugas sistem operasi yang memerlukan reboot dan tugas yang sama bisa dilakukan di Linux tanpa perlu melakukan reboot. Ada banyak kerugian dan keuntungan untuk kedua sistem operasi ini. Suatu perbandingan secara keseluruhan tidak dicakup dalam artikel ini, pilihan sistem operasi biasanya tergantung pada minat Anda.