Suatu Informasi Mengenai Mode Google Chrome Incognito

Google Chrome mempunyai potensi untuk menjadi salah satu browser utama yang digunakan di di internet. Google Chrome memiliki tampilan sederhana dan banyak fitur baru yang membuat browser itu menarik. Namun salah satu fitur mungkin dapat membuat bingung para pengguna potensial.

Mode Google Chrome Incognito dirancang untuk membiarkan para pengguna menjelajah web tanpa meninggalkan jejak. Kebanyakan browser membuat informasi cache tentang dari mana saja Anda dan apa yang telah Anda unduh di situs web yang Anda kunjungi. Informasi ini disimpan sebagai bagian dari file history Anda. Mode Google Chrome Incognito membiarkan Anda menjelajah web tanpa mengumpulkan informasi ini.

Tujuannya adalah mengijinkan Anda untuk melakukan hal secara privat sehingga para pengguna lain yang menggunakan komputer yang sama tidak akan mengetahui apa yang telah Anda lakukan dengan browser tsb. Misalnya Anda memesan bunga melalui internet, tapi Anda tidak ingin mereka tahu Anda telah berbelanja bunga di Internet. Dengan Mode Google Chrome Incognito tidak akan ada jejak yang ditinggalkan bagi mereka.

Lalu apa yang salah? Untuk satu hal Google dan banyak penulis lain pada materi yang sama belum membuat penjelasan yang cukup mengenai tujuan alat bantu ini. Sayangnya banyak orang mungkin salah menafsirkan apa fungsi yang sebenarnya. Sepertinya disiratkan bahwa menjelajah web tanpa terdeteksi, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Mengutip peringatan dari Google " Menjelajah web dalam mode incognito hanya mencegah Google Chrome dari menyimpan informasi tentang situs-situs yang telah Anda kunjungi. Situs yang Anda kunjungi mungkin masih merekam arsip kunjungan Anda". Dengan kata lain, situs yang Anda kunjungi dapat menyimpan informasi mengenai kunjungan Anda. Hal lain yang tidak dijelaskan sama sekali adalah apapun yang Anda lakukan di web, baik itu dalam mode incognito atau tidak, hampir bisa dipastikan direkam oleh penyedia jasa layanan internet (ISP) Anda.

Sebagian orang bahkan menganggap ini berarti bahwa atasan mereka tidak akan mengetahui apa yang mereka sedang lakukan di web saat mereka bekerja. Sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan jam kerja Anda dengan berfacebook ria, Anda sebaiknya sadar bahwa fitur ini tidak akan mencegah departemen TI Anda dari melaporkan apa yang telah Anda lakukan. Jika perusahaan Anda secara berkala memeriksa kebiasaan surfing para karyawannya, dan banyak yang sudah melakukan itu, Anda bisa berada di dalam masalah. Banyak jaringan bisnis menggunakan beberapa bentuk pelacakan. Koneksi internet biasanya melalui suatu alat seperti router atau firewall. Alat ini menyimpan suatu log file dari semua trafik di internet. Log file digunakan untuk merekam tiap-tiap tempat yang terhubung dengan komputer Anda di internet dan berapa lama koneksi tsb berlangsung.

Jika Anda ingin mencegah orang lain di komputer Anda melihat apa yang Anda sudah lakukan di internet, Anda dapat menghapus history, cookies and cache files pada kebanyakan browser. Firefox sebagai contoh mengijinkan Anda melakukan penghapusan data pribadi dan Internet Explorer mengijinkan Anda untuk menghapus History dan Cache files.