Peringatan bagi Wirausahawan yang Melakukan Spamming di Situs Media Sosial

Banyak wirausahawan yang saat ini menggunakan situs-situs media sosial saat beriklan atau mempromosikan bisnis mereka. Alasan yang utama di balik ini adalah penggunaan situs-situs ini sungguh efektif untuk menjangkau banyak klien di berbagai belahan bumi dan adanya fakta bahwa banyak orang telah memiliki akun jejaring sosial. Katakanlah sebagai contoh, Facebook, Banyak orang, dari segala lapisan umur, sekarang telah memiliki akun Facebook. Sebagai konsekuensinya, adalah suatu keputusan yang sangat baik untuk menggunakan situs ini dan juga situs media sosial lain sebab tentunya Anda dapat menjangkau banyak orang. Namun, sebelum memilih untuk menggunakan situs media sosial manapun saat memasarkan bisnis Anda seperti produk, Anda mesti berhati-hati untuk tidak melakukan spam.

Melakukan spamming seperti ini hanya menyiratkan bahwa Anda mempunyai banyak akun pada situs tsb dan akun-akun ini tidaklah aktif. Anda tidak mengupdate akun-akun itu. Itu dapat disebabkan karena Anda tidak mempunyai waktu untuk mengunjunginya secara individu. Untuk menghindari bombardir pada suatu situs tertentu, Anda mesti yakin bahwa Anda akan sempat mengunjungi akun Anda. Jangan membuat banyak akun jika Anda mengetahui bahwa Anda tidak bisa mengurus semua akun tsb.

Membombardir situs-situs ini sebaiknya tidak dilakukan oleh para wirausahawan sebab bagaimanapun juga terdapat beberapa hal negatif yang dapat mempengaruhi Anda seperti halnya pada bisnis Anda. Ini adalah beberapa efek yang tidak diinginkan yang dapat dianggap sebagai peringatan sehingga Anda tidak akan melakukan spamming pada situs media sosial.

Efek tidak baik yang pertama adalah soal reputasi Anda di internet. Seperti yang Anda dapat lihat, memelihara suatu reputasi yang baik di internet adalah sangat penting terutama jika Anda baru memulai bisnis itu. Yang pasti, jika Anda mempunyai reputasi yang baik, akan jadi lebih sederhana untuk Anda mendapatkan konsumen. Pada sisi lain, ketika Anda mempunyai reputasi tidak baik, siapa yang akan percaya pada Anda? Anda tidak akan mempunyai konsumen dan dengan demikian, seiring waktu  Anda mesti menyerah terhadap bisnis Anda.

Satu lagi efek yang dapat berdampak pada Anda sama halnya dengan wirausahawan lain yang mengiklankan bisnisnya. Pada dasarnya, jika Anda tidak aktif menggunakan akun jejaring sosial Anda, bagaimana mungkin Anda menarik lebih banyak pelanggan? Bagaimana Anda menjangkau lebih banyak orang di seluruh penjuru dunia? Tentu saja, jika Anda tidak aktif menggunakan akun Anda, Anda tidak akan bisa mempunyai pelanggan dan akhirnya Anda tidak akan memperoleh pendapatan.

Efek ketiga adalah bahwa jika Anda terus melakukan spam  pada situs-situs ini, di waktu akan datang Anda tidak akan lagi diijinkan untuk membuat akun pada situs-situs tsb. Jika Anda mengetahui bahwa Anda tidak akan bisa mengurusi akun-akun itu pada saat ini, jangan buat akun-akun tsb. Buat hanya saat Anda yakin bahwa Anda mempunyai banyak waktu untuk mengurus akun-akun itu.

Penggunaan situs jejaring sosial dapat membawa keberhasilan untuk bisnis Anda. Namun, bila digunakan dengan cara yang salah juga dapat membawa bencana bagi bisnis Anda. Situs-situs ini dapat membantu atau barangkali merusak bisnis anda. Oleh karena itu, perlu untuk berhati-hati saat menggunakan di situs-situs tsb. Pastikan untuk tidak melakukan spam dan pastinya, bisnis Anda tidak akan dispam juga.