Pengenalan Sederhana Mengenai Proses Desain Web

Sekalipun Anda tidak pernah mengembangkan sebuah situs web, tidaklah mengherankan bila ada cukup banyak yang perlu dipikirkan. Situs web yang luar biasa adalah hasil dari sebuah kerja keras dan perencanaan oleh seorang perancang web profesional dan tim pengembangan situs web. Jika Anda bermaksud mengembangkan situs web milik Anda, itu merupakan latihan yang baik untuk memahami proses disain web sehingga hasil akhir jauh lebih mendekati dengan yang Anda inginkan.

Perencanaan

Langkah awal dalam banyak hal adalah perencanaan. Desain web juga tidaklah berbeda. Anda perlu mempertimbangkan apa yang Anda ingin situs web Anda lakukan. Situs web Anda mesti mempunyai tujuan dan tujuan tsb perlu jadi panduan dalam proses perencanaan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual produk, Anda akan harus memikirkan desain web e-commerce dan cakupan dari fungsi-fungsi yang diperlukan.

Ini adalah daftar dari hal-hal dasar untuk proses perencanaan:
  •  Penciptaan Konten- Copywriting, video, gambar
  •  Desain & Merek - Logo, rencana warna, font
  •  Optimasi Mesin Pencari (SEO) - Kata kunci, URLs
  •  Fungsionalitas - Shopping carts, formulir isian, manajemen konten
  •  Anggaran - Seberapa banyak dana yang tersedia

Semua hal ini harus ditaksir dan diselidiki sampai persetujuan dan kesimpulan yang solid dapat diperoleh. Semua sama pentingnya dan merupakan hal vital untuk menuju keberhasilan sebuah desain web yang Anda inginkan untuk perusahaan Anda. Perencanaan juga membantu Anda merancang kebutuhan situs web Anda di masa datang.

Dengan beberapa perencanaan dasar yang telah dibuat, Anda mungkin sekarang ingin menemukan sebuah perusahaan desain web yang nantinya akan bekerja sama dengan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda perlu melihat-lihat, mengajukan pertanyaan, melihat contoh-contoh dan mendapatkan beberapa referensi. Biaya dapat bervariasi dari agensi satu ke agensi lainnya tetapi pada akhirnya Anda pada umumnya akan mendapatkan sesuai dengan yang Anda bayarkan.

Namun pernah dikatakan bahwa perusahaan yang lebih baru biasanya yang lebih murah tingkat tarifnya dan yang lebih rela memberi apa yang Anda inginkan tanpa terlalu banyak percekcokan karena mereka masih berusaha untuk membangun sejumlah klien yang solid.

Bersikap Realistis tentang Waktu Penyerahan

Banyak orang membuat kekeliruan bahwa suatu desain web dapat dikirimkan oleh perusahaan web Anda dalam satu atau dua minggu. Timelines dan pengiriman bisa jadi isu yang sangat penting untuk sebagian orang. Pastikan sebelumnya Anda mendiskusikan waktu penyerahan dengan agensi web Anda. Untuk desain manapun, situs web yang didesain dengan baik tidak akan dibuat dalam semalam.

Suatu perusahaan web profesional akan memberitahu Anda waktu penyerahan yang realistis. Mungkin selalu ada kemunduran dan isu-isu sepanjang proses desain web dan mungkin Anda menekan agensi web Anda untuk mengirimkannya dengan jadwal yang tak realistis. Ini dapat dihindari dengan mendengarkan apa yang agensi web Anda harus katakan dan mempercayai bahwa mereka berusaha memenuhi keinginan Anda. Bukannya menyarankan untuk bersikap lunak, tetapi dalam banyak kasus mereka tentunya akan berusaha sebaik mungkin untuk mengirim tepat waktu karena ini berhubungan dengan kredibilitas mereka di mata pelanggan.