Aplikasi E-commerce

Mekanisme di dalam komunikasi e-commerce

Internet menjadi mode interaksi yang terbaik antara para pelaku bisnis dan pelanggan di masa ini. Pembelian dan penjualan produk melalui situs web menjadi populer disebabkan kaitannya dengan berbagai orientasi konsep teknologi yang semakin maju. Bisnis online sedang bertumbuh dengan penggunaan berbagai perangkat lunak yang membantu pelanggan untuk lebih mudah melakukan aktivitas jual beli. Ada banyak mekanisme yang digunakan dalam bidang bisnis online seperti:
  • Perangkat lunak shopping cart
  • Online e-telephony

Perangkat lunak shopping cart adalah mode presentasi online dari produk-produk yang akan dijual. Perangkat lunak shopping cart menyediakan visualisasi untuk produk-produk yang dipilih, fasilitas pembayaran online, pemilihan produk yang digabungkan dalam rupa daftar, dsb. Perangkat lunak shopping cart menjadi cara yang paling mudah dalam berbelanja online dengan memilih semua produk di dalam cart dan membayar cukup sekali untuk semua item yang dipilih. Ada banyak fitur yang disediakan oleh perangkat lunak ini seperti:
  • Kemampuan menerima kartu kredit
  • Sistem navigasi yang memudahkan pelanggan
  • Fasilitas akun untuk pelanggan
  • Fasilitas manajemen pemesanan
  • Fasilitas administrasi berbasis web
  • Opsi pengiriman yang fleksibel
  • Alat bantu optimasi yang terintegrasi dalam situs
  • Fasilitas inventaris manajemen

Telepon online adalah salah satu jalan yang terbaik untuk komunikasi mengenai bisnis. Itu adalah teknologi yang digunakan untuk mengkonversi sinyal suara ke dalam paket data kemudian paket data ini dikirim ke jaringan data yang dijalankan oleh sebuah Protokol Internet (IP). Sederhananya itu adalah teknologi yang membuat pelanggan dapat melakukan telepon melalui jaringan yang sama dengan yang mereka gunakan untuk koneksi internet. Ini membantu dalam penghematan ongkos sambungan telepon untuk komunikasi bisnis. Ini adalah teknologi komunikasi online yang dikenal di dalam dunia web sebagai VoIP (Voice over Internet Protocol).
Manfaat-manfaat dari online e-telephony
  • Pengguna bisa membedakan suatu panggilan sebagai panggilan bisnis, panggilan pribadi, atau panggilan dari layanan pelanggan bahkan saat berada di line yang sama.
  • Pengguna dapat mengarahkan panggilan ke departemen masing-masing dan mengambil pesanan secara otomatis.
  • Pengguna dapat menyaring pemanggil tanpa informasi apapun ke pemanggil.
  • Pengguna bisa mendapatkan panggilan yang disampaikan dari seluruh penjuru dunia.
  • Tidak ada permasalahan line sibuk.
  • Voice mail dapat diterima pada komputer.

Ada banyak lagi fasilitas lain yang dapat diperoleh dengan penggunaan telepon online. Begitulah komunikasi di internet yang menyediakan banyak fasilitas untuk memudahkan kompleksitas bisnis dan menaikkan laba dengan mengurangi biaya-biaya bisnis.