Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bounce Rate

Bounce rate adalah sebuah istilah dalam pemasaran online yang mengacu pada banyaknya jumlah pengunjung suatu situs web yang setelah masuk kemudian segera meninggalkan situs web tsb (bounce). Itu biasanya ditemukan dalam evaluasi lalu lintas/trafik web dan terjadi saat seorang pengunjung melihat satu laman web sebuah situs lalu meninggalkan situs tsb tanpa mengunjungi laman yang lain dalam jangka waktu tertentu. Seorang pengunjung mungkin melakukan bounce sekitar 30 menit dalam suatu sesi lalu mengklik tombol back, mengetik URL baru, menutup suatu tab atau window yang terbuka, atau mengklik suatu tombol yang mengarah ke situs web lain.

Menghitung bounce rate

Bounce rate untuk sebuah laman ditentukan oleh jumlah pengunjung yang masuk ke laman web dan keluar pada sesi timeout tertentu tanpa melihat laman web yang lain, dibagi dengan keseluruhan jumlah pengunjung yang melihat laman suatu situs web. Dengan kata lain, bounce rate sebuah situs web dibentuk oleh jumlah lalu lintas/trafik yang melihat satu laman per sesi timeout yang dibagi dengan keseluruhan jumlah kunjungan.

Penggunaan

Bounce rates digunakan untuk mengidentifikasi keseluruhan performa atau harga dari sebuah laman masuk. Suatu bounce rate yang rendah menunjukkan bahwa laman masuk/landing page membuat mudah bagi pengunjung situs web untuk melihat lebih banyak laman dari situs web tsb. Suatu bounce rate yang baik berkisar antara 40% sampai 65%. Memiliki bounce rate yang lebih rendah menandakan bahwa situs web Anda mempertahankan pengunjung untuk waktu yang relatif lebih lama sedangkan memiliki bounce rate yang lebih tinggi berarti banyak pengunjung yang meninggalkan situs web dengan segera dan dapat menandakan performa yang buruk.

Namun suatu bounce rate yang tinggi tidak secara otomatis berarti suatu situs web memiliki performa yang buruk. Ini tergantung pada jenis situs web yang Anda miliki dan definisi konversi Anda sendiri. Sebagai contoh, bounce rate untuk situs yang tidak memerlukan pengunjung untuk melihat lebih dari sebuah laman, maka hal tsb tidaklah penting dalam konversi yang sukses bagi situs tsb. Pada sisi lain, bounce rate suatu situs web e-commerce mungkin berhubungan dengan tingkat konversi pembelian, menunjukkankan bahwa bounce rate kunjungan menandakan ada tidaknya pemesanan.

Hal-hal yang mungkin menyebabkan tingginya bounce rate
  •  Situs web Anda dilihat pengunjung situs yang bukan target pasar Anda.
  •  Situs web Anda berisi konten yang membuat bingung atau tidak mudah dioperasikan.
  •  Waktu yang lama untuk memuat laman situs web Anda, membuat calon pengunjung segera pergi.
  •  Situs web Anda berisi banyak iklan yang tidak relevan.

Sekarang Anda setidaknya mempunyai sedikit pemahaman tentang apa itu bounce rate, Anda sekarang dapat memutuskan apakah bounce rate situs web Anda adalah suatu statistik yang relevan.


Sumber: stevesden.weebly.com