5 Tips Optimasi Mesin Pencari Lokal sebagai Bagian Penting dari Promosi Situs Bisnis Anda

Banyak orang mencari tips optimasi mesin pencari lokal. Mereka mungkin pemilik suatu bisnis kecil yang mengerjakan SEO untuk situs nya sendiri. Mereka bisa juga seorang yang sangat ingin menjadi webmaster. Apapun tujuan Anda, tips ini harusnya dapat membantu untuk SEO lokal.

Optimasi On-Site adalah suatu keharusan

Seperti di penggunaan optimasi mesin pencari lain, SEO lokal memerlukan optimasi On-Site. Website Anda harus mempunyai konten unik. Halaman harus memenuhi kebutuhan standard SEO. Informasi Meta juga perlu unik.

Bagaimana jika Anda Menargetkan Beberapa Lokasi

Beberapa website tidak menargetkan negara-negara tertentu atau bahkan semua negara tetapi lebih suka menargetkan beberapa kota besar. Mungkin saja menargetkan ke beberapa lokasi. Namun disarankan Anda membagi laman web untuk masing-masing lokasi sehingga produk yang akan dijual di suatu kota dan yang akan dijual di kota lain berada di laman terpisah. Saat menciptakan beberapa laman, pastikan bahwa Anda akan mempunyai suatu laman yang diindex dimana pengunjung dapat dengan mudah menemukan laman dari lokasi-lokasi tsb.

Off-Site SEO Lokal

Setelah situs Anda dioptimasi, lakukan optimasi off-site. Bukan berarti bahwa Anda harus mendaftar ke listing bisnis. Sebenarnya, ini tidaklah perlu jika Anda hanya ingin mendapatkan posisi tinggi untuk pencarian Google lokal. Tapi Anda boleh melakukannya jika Anda juga ingin mendapatkan posisi tinggi di mesin pencari Bing.

Untuk mendapatkan suatu posisi yang baik pada hasil pencarian Google, pastikan untuk mendaftar ke Google Places. Anda dapat mendaftar per lokasi bisnis. Google Places bahkan menerima bulk submission untuk yang memiliki berbagai daftar. Google Bisnis juga dapat digunakan. Namun Anda diijinkan untuk menambahkan hanya satu alamat saat memilih suatu bisnis lokal untuk laman Anda pada Google Plus. Jika Anda akan menggunakannya, pastikan Anda akan mendapatkan +1. Pada umumnya itu lebih baik daripada Facebook likes atau tweets untuk kasus ini.

Link Building untuk SEO Lokal

Di samping update Google Panda dan Pinguin, SEO masih bergantung pada link building tetapi harus lebih baik kali ini. Anda masih harus berinvestasi pada link building tetapi tidak dengan cara dimana Anda akan membeli link-link sampah. Pertimbangkan bahwa penting untuk mempunyai backlinks di situs-situs yang berhubungan dengan lokasi target bisnis Anda. Situs Anda perlu muncul pada pencarian lokal bahkan tanpa para pencari perlu mengetik nama kota pada kolom pencarian.

Anda Juga Memerlukan Review/Ulasan produk

Ulasan dapat membantu di dalam SEO lokal. Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk menulis ulasan produk. Google menyukai ulasan produk yang natural maka jauhi ulasan yang palsu sedapat mungkin.

Dengan mengikuti tips optimasi mesin pencarian lokal ini seharusnya situs Anda dapat muncul di hasil pencarian search engine. Mulai dari optimasi on-site dan tidak melupakan optimasi off-site dengan pemanfaatan Google Places, Google Plus dan situs-situs lain dimana pelanggan dapat menulis ulasan tentang bisnis lokal Anda.